Gerbang Logika NOT - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Sunday 1 February 2015

Gerbang Logika NOT


Gerbang Logika NOT memiliki satu saluran masukan (input) dan satu keluaran (output). Selain itu gerbang Logika NOT memiliki sifat output akan berlogika satu jika nilai input pada gerbang NOT berlogika nol dan jika memiliki nilai satu pada input-nya maka output akan bernilai nol, misalnya A menyatakan saluran masukkan (input) gerbang NOT yang saling bebas hanya dapat berlogika satu atau nol dan Y menyatakan saluran keluarannya yang hanya dapat bernilai logika nol atau satu. Intinya Output gerbang NOT akan berkebalikan dengan inputnya. Sedangkan tabel kebenaran dan gambar symbol dapat dilihat di bawah ini.

Salah satu Gerbang logika NOT yang mempunyai 1 buah input dan satu buah output adalah IC TTL 7404 dan IC CMOS 4049. Berikut ini konfigurasinya:

Secara Analogi Gerbang NOT terdiri dari satu buah saklar yang tersusun paralel dengan output sebuah lampu. Rangkaian Ekuivalennya seperti gambar dibawah ini.




Silahkan Meng-Copy Semua postingan yang ada di dalam blog ini. Tapi jangan lupa cantumkan sumber sebagai bentuk dukungan terhadap anti plagiasi.

No comments:

Post a Comment