Gerbang Logika AND - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Thursday 29 January 2015

Gerbang Logika AND


Gerbang Logika AND memiliki dua atau lebih saluran masukan (input) dan satu keluaran (output). Selain itu gerbang Logika AND memiliki sifat output akan berlogika satu jika semua nilai input pada gerbang AND berlogika satu dan jika memiliki nilai nol pada salah satu inputnya maka output akan bernilai nol, misalnya A atau B menyatakan saluran masukkan (input) gerbang AND yang saling bebas yang masing-masing hanya dapat berlogika satu atau nol dan Y menyatakan saluran keluarannya yang hanya dapat bernilai logika nol atau satu, maka hubungan antara masukan dan keluaran pada gerbang AND tersebut dapat ditulis Y = A . B, sedangkan tabel kebenaran dan gambar symbol dapat dilihat di bawah ini.


Sifat bahwa jika semua nilai input pada gerbang AND bernilai satu maka nilai output akan bernilai satu juga dan jika memiliki nilai nol pada salah satu kaki input-nya maka output akan bernilai nol hal ini juga berlaku pada gerbang AND yang memiliki jumlah input lebih dari dua. Gerbang AND berfungsi sebagai pengali nilai pada input-nya, misalnya jika input memiliki nilai 1 dan 0 (1 . 0) maka output akan berlogika 0, jika nilai input-nya 1 semua (1 . 1) maka nilai output akan berlogka 1. Salah satu Gerbang logika AND yang mempunyai 2 buah input dan satu buah output adalah IC TTL 7408 dan IC CMOS 4081. Berikut ini konfigurasinya:

Secara Analogi Gerbang AND terdiri dari dua buah saklar yang tersusun seri dengan output sebuah lampu. Rangkaian Ekuivalennya seperti gambar dibawah ini.

Silahkan Meng-Copy Semua postingan yang ada di dalam blog ini. Tapi jangan lupa cantumkan sumber sebagai bentuk dukungan terhadap anti plagiasi.

No comments:

Post a Comment