Cara Membuat Alat Setrum Ikan (Pengejut Ikan) - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Monday 25 March 2013

Cara Membuat Alat Setrum Ikan (Pengejut Ikan)


Orang-orang di desa biasanya mempunyai kebiasaan mencari ikan di sungai. Salah satu cara yang mereka gunakan yaitu dengan menggunakan Alat Setrum Ikan yang umumnya mereka buat sendiri. Alat ini sebenarnya alat yang cukup sederhana. Berikut adalah gambar Skema Diagramnya:

Pembuatan Alat ini berhasil atau tidaknya bergantung pada pembuatan lilitan coil L1 dan L2. 


Cara pembuatan coil setrum ikan adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan inti besi lunak, setelah itu dilapisi dengan prespan (plastik mika), atau bisa  juga menggunakan kertas semen.
  2. Gulung kawat email secara rapi tanpa celah pada besi lunak yang telah di lapisi sebelumnya, setelah nyampai ujung lapisi hasil gulungan ini dengan prespan dan gulung di atasnya kembali, ulangi proses ini sampai di dapat 3 lapis, dua ujung kawat tersebut akan menjadi terminal kumparan primer.
  3. Gulung dengan kawat email yang baru di atas lilitan primer yang telah anda buat sebelumnya, caranya sama namun jumlah lapisan di buat  sebanyak 5-6 lapis, kedua ujung kumparan akan menjadi terminal coil sekunder.
  4. Ukuran kawat email  ini akan mempengaruhi arus output, biasanya pada kumpara primer menggunakan email berdiameter 0,6mm dan email sekunder berdiameter 0,9mm. Untuk mengubah daya keluaran kita dapat mengubah dengan cara mengubah perbandingan jumlah kumparan primer dan sekunder serta diameter kawat email.
#Penangkapan IKAN menggunakan Setrum ikan dapat merusak ekosistem di dalam sungai.

No comments:

Post a Comment