Home » » Rangkaian Kontrol Saklar Lampu Otomatis (Sensor Cahaya LDR)

Rangkaian Kontrol Saklar Lampu Otomatis (Sensor Cahaya LDR)


Pada Postingan kali ini saya akan berbagi sedikit tentang sebuah alat yang menghemat tenaga manusia. Yaitu Saklar Otomatis Lampu dengan menggunakan sensor cahaya. Cara kerja alat ini mendeteksi keberadaan cahaya, Pada saat siang hari sensor menangkap cahaya sehingga akan direspon oleh transistor dan lampu akan mati. Begitu juga sebaliknya pada saat malam hari sensor tidak akan menangkap cahaya matahari, sehingga akan direspon oleh transistor dan lampu akan menyala otomatis. Rangkaian ini biasanya di aplikasikan pada lampu jalan dan lampu taman. pasti bagi orang awam bertanya - tanya bagaimana cara menghidupkan dan mematikan lampu jalan yang jumlahnya ratusan? rangkaian inilah jawabanya. Anda bisa membuat sendiri dan memakainya di rumah, sehingga anada tidak perlu repot - repot menyalakan lampu rumah yang jumlahnya banyak. pasangkan rangkaian ini di atas atap rumah atau loteng yang terkena cahaya matahari langsung dan terlindung dari air hujan.

Berikut adalah rangkaiannya:
Daftar Komponen:  
  • LDR = light dependent resistor
  • R1 = 4,7 K
  • R2 = 1,2 K
  • R3 = 2,2 K
  • R4 = 1,2 K
  • R5 = 1,2 K
  • R6 = 2,7 K
  • R7 = VR 100 K
  • C1 = 10 μf/16V
  • TR1 = TIP 41
  • TR2 = TIP 41
  • TR3 = TIP 42
  • D1 = 1N4001 Diode
  • RELAY = 12V relay


31 comments:

  1. ms, rangkaian nya terlalu banyak..... cukup dengan transistor satu aja cukup....BC547 sbg saklar dengan dihubungkan kepada relay....

    ReplyDelete
  2. pertimbangan ke tahanan komponen mas.....
    transistor TIP lbh tahan dgn arus besar dr pda yg type BC,,,,,

    ReplyDelete
  3. cara kerja nya kek mana tu mas... dan apa fungsi dari komponen-komponen yang ada disana dalam rangkaian tersebut,,, makasih

    ReplyDelete
  4. Mr uLek Bulu@ Kalau saya jelaskan cara kerja detailnya ya gak cukup satu halaman mas. itu sudah saya kasih cra kerja simplenya. dari sensor LDR nya, dikuatkan transistor, sampek bisa direspon oleh relay. dicoba dulu aja mas biar tau cara kerjanya, silahkan analisa sendiri detailnya. biar sama2 belajar.

    ReplyDelete
  5. Rangkaian nya sudah saya coba mas, tapi saat saya simulasikan di circuit wizard, Relay & Lampu terbakar. Mohon pencerahan nya. Thanks

    ReplyDelete
  6. Ardian Paspal@ : Relaynya sesuaikan 12 Volt DC, dan lampunya atur juga 240 AC Volt, ya mgkin mas cuma pakek lampu dibawah 220 Volt AC.

    ReplyDelete
  7. Lampu nya sdh aku ganti 240 V AC & Relay 12 V DC mas, lampu nya masih terbakar.

    ReplyDelete
  8. Ardian Paspal @ saya udah buktikan sendiri mas dan bisa,, tidak terbakar,,, kalo mau buktinya silahkan tinggalkan alamat e-mail anda saya kirim hasil simulasi punya saya,,,, sama persis dengan rangkaian diatas,,,

    ReplyDelete
  9. Kirim ke email saya mas ardian_paspal@ymail.com

    ReplyDelete
  10. Ardian paspal @ sudah saya kirim ke email agan,,, silahkan chek,,, gak ada yg terbakar dan normal,,, kalo tidak percaya silahkan dirangkai pada PCB dan dicoba,,, karena saya sudah mencobanya sendiri dan bisa berfungsi dengan normal,,, salam blogger,,,,

    kalo ada yg tidak mengerti silahkan tanya lg lewat sms,,,
    nomor hp saya ada di contact pada postingan,,,

    ReplyDelete
  11. mas ikut RAKERNAS ? nanti disurabaya FKHMEI(forum komunikasi mahasiswa elektro se indonesia)?

    ReplyDelete
  12. mas bisa kasih tau cara kerjanya, kalo bisa kirim ke sini brandyrkz@gmail.com
    makasih mas sebelumnya :)

    ReplyDelete
  13. mas bisa kasih tau cara kerjanya ga, kalo bisa kirim ke sini brandyrkz@gmail.com

    makasih sebelumnya mas :)

    ReplyDelete
  14. Tjatoer @ cara kerja sederhananya sudah saya jelaskan di atas mas... thanks,,,

    ReplyDelete
  15. mas, mohon kirim via email juga mengenai yg ditanya mas ardian paspal mas..saya newbie mas..
    nurryputritissos@gmail.com
    terima kasih banyak mas..

    ReplyDelete
  16. Nurry Tissos @ simulasi atau rangkaiannya mbak?

    ReplyDelete
  17. bang tau rangkaian ldr saat dapat cahaya relay off..
    sedangkan ldr tidak dapat cahaya relay on..

    ReplyDelete
  18. duwi prastiyo @ lha itu diatas rangkaiannya,,,,

    ReplyDelete
  19. Tolong kirim via email juga mengenai yg ditanya mas ardian paspal ya, ke rekasina@gmail.com . Saya ingin belajar mengenai rangkaian ini. Terimakasih

    ReplyDelete
  20. bisadi tmbah pake modul "pir" ngank rangkaian di atas

    ReplyDelete
  21. paul adoe @ silahkan dicoba saja,,,

    ReplyDelete
  22. mas bisa dikir lagi gk ke email ini nuryadiniyad@gmail.com
    saya mau coba

    ReplyDelete
  23. Maaf mas itu di schematic pakai saklar apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terserah mas,,,,
      silahkan dikreasikan,,,,

      Delete
  24. Mas, saya mau juga dikirim simulasinya ke email saya. ainulbayan@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya mas

    ReplyDelete
  25. mas, saya udah nyoba. persis tak rangkai. tr pake 41C dan 42C. tapi kok anget ya mas transistornya. dan relaynya gak mau respon ketika ldr saya buka tutup.

    ReplyDelete
  26. Mas,saya sdh berhasil membuat 1 bh..dan ketika mau buat 1 lagi gagal..krn transistor TIP 41a atau TIP 42a dikasi TIP 41c dan 42c apakah beda kaki2 Basis Colector dan Emitor nya..? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. konfigurasi kaki TIP41a, b, dan c sama saja,,,
      coba lakukan trubleshooting lg,,

      Delete

Members

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Edukasi Elektronika - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger